Bank Mandiri Palu Perkuat Komitmen Jamin Keaslian Uang Tunai untuk Keamanan Masyarakat
- By REDAKSI --
- Tuesday, 24 Dec, 2024
PALU, Sararamedia.id - Bank Mandiri Cabang Palu menegaskan peran pentingnya dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap keaslian uang tunai yang beredar. Area Head Bank Mandiri Cabang Palu, Andri Permana Diputra Abubakar, menyatakan bahwa sebagai bagian dari industri perbankan, Bank Mandiri memiliki tanggung jawab besar dalam mencegah dan menekan peredaran uang yang diragukan keasliannya.
``Dalam menyalurkan uang tunai, kami selalu mengedepankan kepentingan dan keamanan masyarakat, salah satunya dengan memastikan keaslian dan kelayakan uang tunai yang kami distribusikan,`` jelas Andri Permana, dihubungi Via WhatsApp, Selasa malam, (24/12/2024) waktu setempat.
Bank Mandiri juga memberikan solusi kepada masyarakat yang menemukan uang tunai dari mesin ATM yang diragukan keasliannya.
``Masyarakat dapat menyampaikan laporan tertulis melalui Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat. Laporan tersebut akan kami tindak lanjuti dengan melakukan penelusuran internal serta klarifikasi keaslian uang Rupiah ke Bank Indonesia melalui mekanisme yang telah ditetapkan,`` tambah Andri.
Selain itu, bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait ciri-ciri keaslian uang Rupiah atau hal lain seputar uang Rupiah, Bank Mandiri menyarankan untuk langsung menghubungi Kantor Bank Indonesia terdekat atau layanan informasi publik Bank Indonesia.
Andri juga mengingatkan pentingnya peran Bank Indonesia sebagai satu-satunya lembaga yang berwenang menentukan keaslian Rupiah, sesuai Undang-Undang Mata Uang.
``Masyarakat dapat meminta klarifikasi terkait keaslian Rupiah yang diragukan langsung ke Bank Indonesia``. pungkasnya.
Komitmen ini sejalan dengan upaya Bank Mandiri untuk terus mendukung stabilitas ekonomi dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan nasional. (***)